Jangan Asal Pindah! Begini Tips Saat Menempati Rumah Baru

  • Artikel
Jangan Asal Pindah! Begini Tips Saat Menempati Rumah Baru

Menempati rumah baru memang hal yang menyenangkan. Bagaimana tidak? Setelah lama menunggu, akhirnya impian memiliki rumah baru bisa tercapai juga. Saking senangnya, mungkin Anda sering lupa kalau ternyata masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Karena pindah ke rumah baru juga ada tata caranya, tidak serta merta Anda pindah dan langsung merapihkan barang.

Lalu bagaimana ya caranya? Silahkan mengikuti langkah-langkah berikut agar dapat menempati rumah baru dengan nyaman.

#1 Selesaikan segala urusan dokumen penting

Mengurus dokumen penting seperti surat kepemilikan tanah, PBB, serta melapor kepada ketua RT dan RW merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan. Ketika menempati rumah baru, terkadang juga perlu mengganti alamat domisili pada KTP. Jadi, konsultasikan hal ini kepada ketua RT/RW setempat. Bila pengurusan dokumen sudah selesai, simpanlah dokumen tersebut di tempat yang aman.

#2 Bersihkan seluruh bagian rumah

Jangan langsung meletakan barang! Biarkan rumah dalam keadaan kosong saat dibersihkan. Hal ini tentu akan mempermudah Anda. Sambil membersihkan rumah, Anda bisa mengecek seluruh bagiannya secara detail. Cek apakah ada bagian rumah yang perlu diperbaiki di waktu yang akan datang.

#3 Menyortir barang pindahan

Sampai tahap ini, Anda masih tidak diperbolehkan untuk membongkar semua barang pindahan. Hal tersebut bisa membuat rumah tampak berantakan. Sebaiknya, sortir barang pindahan dan pilih barang yang benar-benar diperlukan terlebih dahulu seperti handuk, peralatan mandi, selimut, sprei, peralatan makan dan beberapa pakaian untuk beberapa hari ke depan.

Saat proses menyortir, biasanya Anda akan menemukan beberapa barang yang mungkin sudah tidak terpakai.

#4 Tata ulang penempatan furnitur

Saatnya mendekorasi rumah! Atur tata letak furnitur sesuai dengan desain yang diinginkan. Jangan lupa pertimbangkan juga sirkulasi ruang agar tidak sempit dan bisa mengakomodasi aktivitas Anda sekeluarga. Jika ingin menambah furnitur baru, belilah yang benar-benar Anda butuhkan. Bila perlu, buat skala prioritas barang penting dan barang yang bisa ditunda.

#5 Fokus pada kamar tidur terlebih dahulu

Saat pertama menempati rumah baru, fokuslah untuk menata kamar tidur terlebih dahulu. Sedangkan ruangan lainnya seperti ruang tamu atau ruang keluarga bisa ditata di hari selanjutnya. Dengan begini, Anda tak akan kelelahan karena mencoba merapikan semua ruang sekaligus.

Rapikan dan dekorasi kamar tidur sesuai dengan desain interior yang Anda inginkan. Maksimalkan penataan ruang agar Anda bisa benar-benar nyaman ketika berada di ruangan ini.

Setelah membongkar barang-barang dan menata ulang ruangan, selanjutnya Anda bisa berjalan-jalan di sekeliling rumah. Jangan sungkan untuk berkenalan dengan tetangga sambil menikmati atmosfer lingkungan yang baru. Selamat mencoba!